Service Excellent atau dalam bahasa Indonesia disebut Pelayanan prima adalah suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap user.

 

Yang paling penting dalam memberikan pelayanan kepada user, minimal harus ada tiga hal pokok, yakni: peduli pada user, melayani dengan tindakan terbaik, dan memuaskan user dengan berorientasi pada standar layanan tertentu.

 

Prinsip-prinsip Pelayanan prima yang harus dimiliki seorang satpam adalah sebagai berikut :

 

  • Attitude (Sikap)

 

Sikap yang harus dimiliki seorang satpam agar bisa memberikan pelayanan prima adalah dengan menunjukkan penampilan terbaik. Penampilan yang bersih dan rapih akan membuat user nyaman dengan pelayanan satpam itu sendiri. Cara berfikir yang positif, sehat dan logis juga termasuk dalam sikap yang harus dimiliki satpam. Kemudian sikap menghargai user juga salah satu pelayanan prima bagi seorang satpam.

 

  • Attention (Perhatian)

 

Mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para user, karena satpam yang memiliki pelayanan prima harus selalu memberi perhatian yang maksimal sesuai dengan kebutuhan user. Kemudian setelah itu satpam juga harus mengamati dan menghargai perilaku para user. Setiap keputusan yang dibuat oleh user harus satpam terima dengan baik.

 

Pendekatan personal juga menjadi cara yang tepat untuk memberikan Pelayanan prima kepada user. Dengan kata lain seorang satpam harus tahu siapa saja orang-orang yang bersangkutan dengan pekerjaannya.

 

Setelah melakukan pendekatan, hal yang harus dilakukan seorang satpam adalah membina hubungan baik dengan user. Komunikasi yang baik antara satpam dan orang disekitar pekerjaan sangat berpengaruh untuk memberikan Pelayanan prima.

 

  • Action (Tindakan)

 

Hal ini yang sangat berpengaruh pada Pelayanan prima, karena berhubungan dengan tindakan yang dilakukan satpam. Seorang satpam dinyatakan sudah berhasil memberikan Pelayanan prima jika berhasil mewujudkan segala macam yang bersangkutan dengan kebutuhan user.

 

Keuntungan yang didapat bagi satpam jika sudah melakukan prinsip diatas :

 

  • Menumbuhkan kepercayaan user terhadap satpam itu sendiri.
  • Mempertahankan user agar tetap loyal menggunakan jasa satpam yang bersangkutan.
  • Mendapatkan perhatian yang lebih dari user, karena sudah memberikan Pelayanan prima.