Cara mengamankan bangunan saat terjadi bencana selah satunya apabila terjadi kebakaran hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang satpam dengan menekan tombol emergency yang ada dibangunan tersebut agar memberitahukan kepada orang-orang yang ada didalam gedung tersebut untuk segera turun dan menyelamatkan diri.

 

Tugas seorang satpam sangat penting, karena harus membantu proses evakuasi orang yang ada didalam bangunan tersebut. Dengan mengarahkan untuk turun melalui tangga darurat dan memastikan evakuasi berlangsung dengan benar.

 

Cara melakukan evakuasi pada gedung bertingkat :

 

  • Bersikap selalu tenang.

 

Reaksi panik akan sebuah bencana merupakan hal yang normal. Sikap tenang selalu menjadi faktor utama untuk membantu keluar dari situasi bencana. Semakin kita bersikap tenang, maka kita akan semakin tanggap dan cekatan dengan tindakan apa saja yang harus kita lakukan. Untuk membantu sikap tenang saat terjadi keadaan darurat, perlu adanya simulasi secara berkala.

 

  • Memadamkan api

 

Memadamkan api jika memang masih bisa dilakukan untuk mencegah api menyebar dan semakin besar sangat baik dilakukan, tapi jika api sudah terlalu besar ada baiknya serahkan kepada pemadam kebakaran. Pengetahuan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) perlu dipahami oleh satpam untuk penanggulangan pertama.

 

  • Berkumpul pada titik kumpul yang telah ditetapkan

 

Pemahaman penting satpam mengenai titik kumpul pada saat terjadi keadaan darurat. Caranya dengan mengarahkan orang-orang yang masih terdapat di dalam gedung untuk melewati tangga darurat, menuju titik kumpul. Biasanya titik kumpul berada pada suatu area terbuka yang bebas dari bangunan/benda/pohon yang dapat memunculkan potensi bahaya lebih besar dalam keadaan darurat.

 

  • Jangan menggunakan lift untuk proses evakuasi

 

Diharapkan untuk menghindari dan menyelamatkan diri dari bencana kebakaran ini, jangan menggunakan lift untuk menuju titik kumpul, karena bisa saja akan terjebak dalam lift tersebut, dan hal ini akan sangat membahayakan. Sementara bagi yang terlanjur berada di dalam lift diusahakan segera keluar pada lantai terdekat, kemudian untuk menuju

titik kumpul gunakan pintu keluar darurat dan jalur evakuasi gedung bertingkat yang ada.

 

  • Evakuasi melalui jalur evakuasi gedung bertingkat

 

Ikuti petunjuk keselamatan dalam proses evakuasi. Pola barisan mengikuti besar ruangan pada jalur evakuasi gedung bertingkat. Jika didampingi oleh komandan regu penyelamat, maka ikutilah setiap petunjuk yang diberikan oleh komandan regu penyelamat dengan baik dan benar, dan tidak perlu panik dan berlari baik di tangga maupun saat menelusuri jalur evakuasi.

 

  • Menggunakan pintu keluar darurat

 

Pintu keluar darurat ini hanya diperuntukan bagi mereka yang melakukan proses evakuasi, jadi pintu ini bukan merupakan pintu keluar masuk secara umum dan bebas. Karena biasanya pintu keluar darurat ini dilengkapi dengan rambu dan warnanyapun dibuat mencolok berbeda dengan pintu-pintu lainnya.

 

Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk memadamkan api:

 

  • Air

Walaupun sebagai media yang paling banyak digunakan orang untuk mematikan api, jangan sembarang menggunakan air untuk mematikan api. Pastikan penyebab kebakaran bukan listrik dan gas. Karena kandungan oksigen yang terkandung di dalamnya akan semakin memicu api untuk semakin membesar

  • Karung Basah

Sama dengan penjelasan sebelumnya, sebelum menggunakan media karung basah, pastikan terlebih dahulu penyebab terjadinya kebakaran untuk tidak menimbulkan api yang lebih besar lagi

  • Pasir

Walaupun sangat jarang untuk digunakan karena kuantitasnya yang tidak begitu banyak di daerah perumahan misalnya, namun pasir juga bisa menjadi media yang tepat untuk mematikan api

  • APAR

Pastikan di dalam ruangan kerja/kantor Anda ada APAR dan ketahui lah dimana letak persisnya, sehingga jika Anda menemukan api di area kerja Anda, Anda bisa dengan cepat mengambilnya dan melakukan tindakan penyelamatan

 

Dengan begitu satpam yang bertugas akan dapat melakukan evakuasi dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang tertulis diatas.