Keamanan tentunya menjadi sesuatu yang penting dan diharapkan semua orang. Setiap orang tentunya ingin memiliki rasa amannya sendiri, sehingga keadaan dirinya akan lebih tenang. Rasa tenang inilah yang akan membuat setiap manusia merasa aman, nyaman, dan tentram.

Dalam mewujudkan keamanan bagi setiap individu manusianya itu sendiri, maka diperlukan juga bantuan dari pihak lain seperti polisi, satpam atau security. Pihak-pihak inilah yang tentunya memiliki tugas untuk mengamankan keadaan setempat, sehingga menciptakan suasana yang aman dan kondusif.

Salah satu pihak keamanan yang membantu kepolisian yaitu satpam, berperan penting dalam menjaga keadaan wilayah sekitar.

Namun saat ini kebutuhan akan keamanan terus berkembang, orang-orang tidak hanya mengharapkan kehadiran satpam atau security sebagai pihak yang hanya sekedar memberikan jasa keamanan. Melainkan juga sebagai pihak yang memberikan kenyamanan melalui services dan attitude yang diberikan kepada tiap customer.

Di era ini, security tidak hanya dituntut untuk memberikan pelayanan basic security seperti menjaga keamanan wilayah sekitar, memeriksa barang bawaan, memeriksa orang-orang yang mencurigakan, dan beberapa pelayanan keamanan lainnya. Security di era ini dituntut juga untuk dapat memberikan pelayanan yang ramah dan sopan kepada setiap customernya. Attitude atau perilaku yang ditunjukan seorang satpam juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Contoh yang paling mudah adalah ketika seorang satpam harus memeriksa tas tamu sebuah mall atau kantor, maka satpam tersebut tidak hanya harus bisa memeriksa barang bawaan tersebut sesuai standar keamanan, namun juga harus memberikan keramah-tamahannya, misalnya dengan memberikan senyum. Perilaku baik satpam tersebut juga dapat ditunjukan dengan kata-kata yang sopan kepada setiap customer yang datang. Sehingga setiap customer atau tamu pun merasa nyaman diperiksa oleh pihak keamanan tersebut.

Dengan adanya sikap dan attitude yang baik dari pihak security, maka tentunya akan membuat customer tidak hanya merasa aman, namun juga nyaman dengan adanya pihak security tersebut. Sehingga tugas dan peran satpam dapat berjalan sebagaimana mestinya.