Patroli merupakan suatu cara untuk memonitor area yang menjadi wilayah penjagaan satpam.

 

Beberapa macam patroli sebagai berikut :

– Patroli berjalan

Patroli dilakukan dengan berjalan kaki mengelilingi area yang harus di jaga keamanannya dan tidak lupa membawa alat pendukung patroli seperti alat komunikasi, guard tour dan peralatan lain sesuai kebutuhan.

 

Satpam yang melakukan patroli berjalan biasanya untuk area perkantoran, pertokoan, gudang dan area lainnya yang sangat mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

– Patroli bersepeda

Patroli dilakukan dengan mengendarai sepeda, biasanya ini dilakukan untuk area yang lumayan luas dan tidak terjangkau dengan berjalan kaki. Untuk menghemat waktu patroli, bersepeda sangat membantu jalannya patroli namun harus tetap sesuai dengan pelaksanaan patroli yang baik.

 

Satpam yang melakukan patroli dengan bersepeda, untuk mengamankan area proyek perkantoran atau komplek perumahan yang bersifat cluster dan area yang luasnya dibawah 1 hektar.

– Patroli kendaraan bermotor roda dua

Patroli dilakukan dengan mengendarai motor dan biasanya dilakukan untuk area yang sangat luas dan sulit dijangkau. Dengan berjalan kaki, waktu yang ditempuh akan sangat lama maka dari itu dibutuhkan kendaraan yang bisa digunakan untuk patroli.

 

Satpam yang melakukan patroli dengan motor ini dilakukan untuk area proyek perumahan,  komplek perumahan yang luas dan area yang luasnya diatas 1 hektar namun tidak lebih dari 5 hektar.

– Patroli dengan kendaraan roda empat

Patroli dilakukan dengan mengendarai mobil, biasanya dilakukan untuk area yang sangat luas dan sangat sulit untuk dijangkau dengan berjalan kaki dan sangat rawan jika hanya menggunakan kendaraan motor.

 

Satpam yang berpatroli menggunakan kendaraan roda empat ini biasanya dilakukan untuk area yang sangat luas seperti area proyek dan area perkantoran yang luasnya lebih dari 5 hektar.