Uang palsu merupakankejahatan tingkat tinggi yang membahayakan masyarakat di seluruh Indonesia. Masyarakat sangat dirugikan akibat isu uang palsu yang beredar sampai saat ini. Namun, kabar membahagiakan datang dari Bareskrim POLRI hari Selasa (20/9/2016) lalu.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri membekuk seorang pengedar uang palsu di Area Parkir Tamini Square, Jakarta Timur. Tersangka berinisial AP itu ternyata juga membuat sendiri uang palsu di rumahnya.

Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan, kasus ini terungkap bermula saat penyelidik mendapatkan informasi adanya pembuat uang palsu di Daerah Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Dari informasi itu, polisi kemudian melakukan undercover buy di Tamini Square, Jaktim pada Selasa (20/9/2016).

Uang Palsu diamankan oleh pihak berwajib. Jasa Security dan Keamanan terbaik dari POLRI

Uang Palsu diamankan oleh pihak berwajib. Jasa Security dan Keamanan terbaik dari POLRI

 

“Setelah pelaku memperlihatkan uang palsu, penyelidik melakukan penangkapan terhadap tersangka. Keterangan tersangka, uang palsu itu diperoleh dengan cara membuat sendiri di rumah tersangka,” kata Agung dalam keterangannya, Rabu (21/9/2016).

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 4 ikat masing-masing pecahan 100 lembar uang diduga palsu pecahan Rp. 50.000. Polisi masih mengembangkan kasus ini termasuk untuk menggeledah rumah tersangka guna menemukan alat untuk mencetak uang palsu.

Sumber: detik.com