Dalam mengurangi tingkat kriminalitas dalam masyarakat, maka pihak kepolisian memerlukan bantuan dari pihak-pihak lain seperti satpam dan masyarakat. Satpam sebagai garda terdepan dari kepolisian mempunyai tugas untuk menjaga keamanan di lingkungan masyarakat. Namun semuanya itu juga tetap memerlukan bantuan dari masyarakat sendiri. Karena itu masyarakat juga mempunyai peran serta dalam menjaga keamanan lingkungannya.

Selain itu peran masyarakat dalam menciptakan situasi aman dan nyaman juga tercantum dalam batang tubuh UUD 1945 yaitu kewajiban masyarakat sebagai Warga Negara seperti yang telah di atur pada Kedua Bab XII Pasal 30 :

  • Tiap-tiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
  • Untuk pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

Melihat dari hal ini, maka tentunya seorang warga negara Indonesia atau masyarakat punya kewajiban dan peran dalam memelihara keamanan negara, minimal di daerahnya sendiri. Karena pihak kepolisian juga memerlukan bantuan dari pihak-pihak lainnya agak tingkat kriminalitas pun dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Apabila ketiga elemen ini saling bekerja sama, maka tentunya akan tercipta keamanan yang baik di lingkungan tersebut.

Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat dalam membantu peran para pihak keamanan. Beberapa contohnya adalah melaporkan kepada pihak keamanan seperti satpam, kepolisian, atau ketua RT/RW setempat apabila melihat seseorang atau sekelompok orang yang mencurigakan. Hal ini tentunya dapat mencegah dan mengurangi terjadinya hal-hal yang akan mengganggu ketertiban setempat.

Selain itu masyarakat juga dapat membantu dengan cara lain seperti ikut membantu satpam menjaga keamanan di pos. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu sarananya. Apabila siskamling ini dilakukan dengan sebaik-baiknya maka tidak akan hanya akan menciptakan keamanan di lingkungan masyarakat, namun juga akan menumbuhkan kebersamaan antar warga. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada berkurangnya masalah-masalah internal antara warga sendiri.

Masi banyak contoh-contoh lainnya yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam meciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Mulai dari hal-hal kecil di lingkungannya, atau bahkan hal-hal besar bagi negara. Karena itu ada baiknya masyarakat tetap mau berkontribusi bagi lingkungannya sehingga saling membantu.