people

Anggota satuan pengamanan atau Satpam adalah bidang pekerjaan yang dilandasi oleh suatu keahlian tertentu. Untuk menjadi seorang satpam cukup mudah tetapi membutuhkan komitmen tinggi, berikut syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang satpam :

Sehat jasmani dan Rohani

Untuk membuktikan seseorang sehat jasmani, harus dengan memeriksakan kesehatan ke Dokter / Puskesmas setempat. Dengan adanya surat keterangan sehat dari Dokter / Puskesmas tersebut, anda dapat lanjut ke persyaratan berikutnya.

 

Melampirkan surat keterangan kelakuan baik

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa anda dapatkan dari kantor polisi terdekat, dengan adanya surat ini adalah bukti bahwa anda tidak pernah bermasalah dengan kepolisian atau dengan hukum.

 

Tidak bertato dan bertindik

Dari segi penampilan, seorang anggota satpam harus lulus syarat yang satu ini. Karna citra suatu lembaga/perusahaan dapat tercermin dari anggota satpamnya, maka harus berpenampilan rapih dan menarik.

 

Lulus Psikotest

Setiap anggota satpam harus mengikuti psikotest yang diadakan oleh Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dan dinyatakan lulus psikotest baru bisa melanjutkan ke persyaratan berikutnya.

 

Syarat umum

Yang di maksud dengan syarat umum adalah Usia minimal 20th dan maksimal 35th dan Tinggi badan pria 170cm / Wanita 155cm. Melampirkan ijazah asli SMP/SMA dan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).