Sebagai pihak keamanan yang menjaga ketertiban dan keamaan lingkungan kerjanya, seorang satpam atau security tentunya akan sangat sering menerima tamu dari luar perusahaan tersebut. Setiap perusahaan yang menyediakan jasa satpam atau security pastinya memiliki Standar Operasional Prosedur masing-masing. Karena itu satpam atau security tersebut haruslah mengikuti aturan atau prosedur yang berlaku. Sehingga keamanan di lingkungan tersebut tetap terjaga dan tamu pun tidak akan merasa dirugikan karena hal ini merupakan ketentuan yang sudah wajib dijalankan.

Inilah beberapa poin penting mengenai prosedur penerimaan tamu oleh anggota satpam yang dinaungi oleh perusahaan penyedia jasa satpam:

  1. Berikan sapaan terlebih dahulu dengan sikap ramah, sopan santun simpatik, pada sikap berdiri dengan mengucapkan “selamat pagi/siang/sore, ada yang bisa dibantu pak/bu.
  2. Setelah tamu memberikan tujuan dan identitasnya, persilahkan tamu duduk diruang yang telah disediakan
  3. Segera menghubungi pertelepon orang yang dituju tersebut dengan mengucapkan : “salam, petugas jaga disini ada tamu yang ingin menemui Bapak/Ibu …………….dari…….
  4. Apabila orang/staf yang dituju mempunyai sekretaris, sekretaris tersebut harus dihubungi dan diberitahukan adanya tamu
  5. Apabila sudah ada konfirmasi orang yang dituju akan diterima diruang kerja,ruang tamu, atau masih disuruh menunggu segera konfirmasikan kepada tamu tersebut
  6. Antar/berilah petunjuk mengenai lokasi yang harus dituju tempat tamu diterima dan mintalah tamu untuk mengisi buku tamu dan berilah tanda visitor kepada tamu tersebut
  7. Dalam keadaan tertentu yang disebut oleh pimpinan, petugas, jaga wajib mengantar/mengawal tamu sampai dengan resepsionis, misal :
    • Tamu tersebut adalah Pejabat tinggi dari suatu instansi pemerintah
    • Tamu tersebut adalah karyawan yang mempunyai masalah kepegawaian
  1. Ucapkan terima kasih saat tamu akan meninggalkan kantor dan mintalah  kembali kartu visitor

Itulah beberapa prosedur yang perlu dilakukan oleh seorang satpam atau security dalam menerima tamu sebagai bagian dari tugas serta peran satpam sebagai Garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.