Liputan6.com, Columbus – Pada 1997 silam, seorang bocah laki-laki berusia 5 tahun, Christopher Jones nyaris tenggelam di sebuah kolam renang di Columbus, Ohio, Amerika Serikat (AS).

Namun Jones berhasil selamat setelah seorang polisi menolongnya. Dan kini setelah beberapa tahun berlalu, keduanya pun ‘dipertemukan’ dalam suasana haru.

Jones yang kini telah menjadi pemuda berusia 24 tahun mendatangi Columbus Police Academy. Ia bermaksud menyampaikan rasa terima kasihnya kepada James Poole–polisi yang pernah menolongnya.

Dikutip dari Daily Mail pada Minggu (18/9/2016), sontak kedatangan Jones memberikan kejutan haru kepada Poole.

“Pada 1997 lalu, kamu menyelamatkan seorang bocah berusia 5 tahun dari kolam renang. Kamu menyelamatkan nyawanya,” kata Jones kepada Poole.

Petugas polisi itu masih tak percaya bahwa sosok di hadapannya adalah bocah 5 tahun yang dimaksud.

“Wow, saya tidak pernah menduga bahwa sesuatu yang saya lakukan sekitar 19 atau 20 tahun lalu akan ‘datang’ kembali untuk berterima kasih,” tutur Poole.

Meski detail peristiwa 1997 tidak terlalu jelas, namun jantung Jones diketahui sempat terhenti kala itu.

Gagasan untuk melakukan ‘reuni’ ini muncul setelah pemuda itu melihat wajah Poole di laman Facebook milik Kepolisian Columbus.

Jones mengaku awalnya ia tak yakin dengan jika Poole adalah polisi yang menolongnya. Ia pun bertanya kepada pihak Kepolisian Columbus sebelum akhirnya terkonfirmasi.

Rekan-rekan Poole pun terlibat dalam ‘reuni’ ini. Ia ditugaskan untuk berbicara di hadapan wartawan terkait tugasnya sebagai perwira penghubung masyarakat.

Sementara konferensi pers berlangsung, Jones pun masuk ke lokasi acara. Ia menepuk pundak Poole dan menceritakan siapa dirinya.

Petugas polisi itu pun akhirnya menyadari bahwa pertemuannya dengan Jones sengaja diatur.

“Karena kamu saya masih bisa berdiri di sini,” kata Jones kepada Poole.

Keduanya pun tak kuasa menahan. “Penegakan hukum sesungguhnya adalah pekerjaan yang sangat memuaskan. Kamu adalah contoh sejati terkait penghargaan yang kami terima,” tegas polisi itu.

Jones pun mengatakan bahwa Poole telah menginspirasinya. Ia bahkan berencana untuk berkarier sebagai polisi.

“Saya ingin seperti dia,” imbuhnya.