Sistem pengamanan dapat dibedakan berdasarkan area yang harus dijaga keamanannya, karena sistem di area satu tidak akan sama dengan area satunya dan kebutuhan di masing-masing area juga berbeda. Berikut adalah sistem pengamanan yang dibedakan melalui areanya.

– Area Perkantoran

Luas dari area perkantoran penjadi salah satu tolak ukur sistem pengamanannya, jika area perkantoran merupakan area yang tertutup maka akan lebih mudah untuk security mengamankan area tersebut. Setelah itu kita juga harus mengetahui dimana saja titik akses keluar masuk dan fungsinya, agar sistem dapat berjalan dengan baik dan benar. Dan terakhir adalah jam kerja atau jam aktif yang berlaku di area perkantoran tersebut, disaat karyawan perkantoran berada di area yang harus dijaga keamanannya. Security harus menjalin komunikasi dan hubungan yang baik, agar tercipta sistem kerja yang nyaman.

 

– Area Gudang

Untuk area gudang, sistem pengamanan yang harus dilakukan tidak jauh beda dengan perkantoran. Selain mengetahui luas dan titik akses keluar masuk, satpam harus mengetahui kapan jam operasional barang keluar masuk gudang dan tetap harus menjalin komunikasi yang baik antara petugas security dengan staff gudang.

 

– Area Proyek Pembangunan

Area yang termasuk sulit untuk di kelola sistem pengamanannya, karena ada banyak kegiatan orang dan barang yang keluar masuk area ini maka security harus lebih ketat baik dengan orang-orang yang bekerja di proyek, maupun dengan kurir yang mengantar barang atau alat ke proyek.

 

– Area Perumahan / Kediaman

Di area perumahan, sistem pengamanan yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui area yang berdampingan dengan perumahan tersebut, jika area tersebut berdampingan dengan perkampungan maka security harus mengetahui batas-batas area perumahan dan menjaganya agar tetap aman dan jauh dari tindakan yang tidak diinginkan.

 

– Area Terbuka

Untuk area satu ini, bisa kita ambil contoh pengamanan di tempat acara terbuka. Security yang berjaga di area ini harus mengetahui dengan jelas area yang harus dijaga dan pintu keluar masuk yang dilalui pengunjung dan juga tenant yang akan melakukan loading barang.

 

– Area Objek Vital Nasional

Security yang bertugas di area ini harus bekerja sama baik dengan Polri dan perusahaan  industri atau kawasan industri berbasis obyek vital nasional. Tugas untuk menjaga keamanan dan keberlangsungan area ini menyangkut harkat hidup orang banyak, kepentingan dan atau sumber pendapatan besar negara yang memiliki potensi kerawanan dan dapat menggoyahkan stabilitas ekonomi, politik dan keamanan bila terjadi gangguan.