Apakah yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar kata Satpam ? Mungkinkah Anda mendapatkan tenaga professional dibidang keamanan ?

Banyaknya perusahaan yang menawarkan jasa keamanan terkadang menyulitkan pengguna untuk menentukan atau memilih perusahaan yang tepat guna memenuhi kebutuhan satpam. Lalu pertanyaan nya, bagaimana kah Anda dapat memperoleh tenaga keamanan yang professional dan handal ?

Satpam mempunyai peran yang sangat penting sebagai tenaga keamanan untuk menjalankan tugas dan kewajibannya untuk membantu peran fungsi Polri di perusahaan dalam mengantisipasi setiap gangguan kamtibmas dalam hal terjadi pelanggaran dan tindakan kejahatan di tempat kerjanya, sehingga diperlukan petugas satpam yang mempunyai kemampuan (skill) dan intelegensi (kecerdasan) yang lebih baik, maka diperlukan pendidikan dan pelatihan satpam agar dapat bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya dan dapat bertindak lebih cepat dan efektif dalam kewenangannya sebagai pengamanan fisik yang sifatnya terbatas dan nonjustice di perusahaan.

Keamanan sangat diperlukan juga pada sektor – sektor bidang usaha atau bisnis di Perusahaan Negara maupun Perusahaan Swasta untuk mengantisipasi dan menjaga keamanan di sektor usahanya, pihak perusahaan telah melakukan langkah-langkah dengan melakukan perekrutan dan penempatan petugas satpam. Satpam menjadi ujung tombak di Perusahaan agar tidak sampai terjadi suatu gangguan yang akan merugikan kinerja perusahaan dalam menjalankan bidang usahanya, baik yang bersifat ke dalam perusahaan yang disebabkan oleh buruh seperti; demostrasi, mogok kerja, dan orasi terbuka, unjuk rasa pekerja, maupun yang bersifat keluar yang disebabkan pengacau yang datangnya dari luar seperti; perampok, maling, teror maupun sabotase.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan menggunakan jasa satpam yaitu mencari referensi mengenai perusahaan yang akan Anda gunakan jasa nya. Anda dapat melakukan dengan browsing di internet atau mencari referensi dari user lainnya yang sudah terlebih dahulu menggunakan jasa tersebut. Selanjutnya Anda dapat mencari informasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak perusahaan tersebut dan bertanya mengenai proses perekrutan tenaga satpam pada perusahaan tersebut. Mengapa perlu mengetahui proses perekrutan ? Hal ini penting guna menjamin, tenaga satpam yang akan ditempatkan merupakan orang – orang yang tepat dan sudah mengikuti pelatihan dasar satpam. Jadi sebelum memutuskan menggunakan jasa kemananan, Anda perlu cermati guna menjamin keamanan Anda.