Tidak terasa sebentar lagi puasa akan segera berakhir dan tentu saja sudah banyak orang yang bersiap-siap ingin lebaran. Dilibur lebaran nanti, tentunya banyak yang akan pulang ke kampung halaman atau hanya sekedar berkumpul bersama keluarga di rumah. Bagi anda yang bepergian yang keluar rumah atau kota, tentunya perlu memperhatikan keamanan rumah anda. Indra Garda Agung punya beberapa tips untuk menjaga keamanan rumah selama libur lebaran.

Namun tidak hanya keamanan rumah yang perlu dijaga, keselamatan dan keamanan diri serta barang bawaan pun tentunya perlu diperhatikan dengan baik. Karena tentunya keselamatan diri anda dan keluarga adalah hal pertama dan yang utama.

Indra Garda Agung juga punya beberapa tips untuk anda semua dalam menjaga keamanan diri serta barang bawaan selama pulang kampung.

Berkendaralah dengan tertib

Tertib berlalu lintas

Sebagian besar warga Indonesia yang mudik lebaran nanti, bakal membawa kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Maka dari itu ada baiknya anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk berkendara dengan tertib. Taatilah peraturan dan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan. Hal ini juga demi keselamatan anda,  keluarga, dan orang lain.

Bila anda tertib berlaku lintas maka perjalanan anda pun akan aman dan lancar, serta tidak mengganggu keadaan lalu lintas. Sehingga lebaran ini setiap orang dapat selamat dan amat sampai ke rumahnya masing-masing.

Hindari untuk berkendara ketika mengantuk

mengantuk saat berkendara

Ketika anda liburan ataupun pulang kampung nanti, sebaiknya tidak berkendara ketika anda merasakan kantuk. Tentunya jarak perjalanan anda ke tempat tujuan itu bervariatif, ada yang dekat ataupun jauh. Bahkan dapat memakan waktu berjam-jam untuk sampai ke tujuan. Maka itu bila anda hanya memiliki satu pengendara, ada baiknya berhenti dahulu ketika mulai lelah atau mengantuk. Anda dapat berhenti diberbagai tempat perhentian yang tersedia, seperti rest area, tempat makan, ataupun tempat lainnya.

Ada baiknya untuk berhenti sejenak selama beberapa menit hingga beberapa jam, sehingga anda dapat mengembalikan tenaga dan konstrasi yang berguna ketika berkendara nantinya. Hal ini juga tentunya akan membuat keselamatan anda dan keluarga lebih terjaga.

Bila anda memiliki lebih dari satu orang yang dapat mengendarai kendaraan, maka anda dapat saling bergantian tanpa harus berhenti untuk beristirahat.

Perhatikan jumlah barang bawaan

barang bawaan melebihi kapasitas

Banyak dari warga Indonesia yang akan membawa banyak barang ketika liburan ataupun pulang kampung pada saat lebaran nanti. Biasanya banyak yang membawa barang melebihi kapasitasnya. Contohnya orang-orang yang mudik menggunakan kendaraan sepeda motor, mereka biasanya membawa tas dan barang bawaan yang banyak. Hal ini pun biasanya akan membuat mereka sulit untuk mengendarai sepeda motor tersebut, karena barang bawaan melebihi kapasitas.

Tidak hanya para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saja, ada juga pemudik yang menggunakan kendaraan umum seperti, bus dan kereta. Mereka juga tidak jarang membawa barang melebihi kapasitas. Sehingga menyebabkan ketidak nyamanan pada orang-orang sekitar. Selain itu juga kadang akan membuat pemudik tersebut biasanya kesulitan untuk membawa barangnya sendiri, baik ketika naik dan turun kendaraan ataupun pada saat membawa barang bawaan.

Simpan barang berharga di tempat yang aman

jaga barang berharga - tips menjaga keamanan selama libur lebaran

Keadaan mudik lebaran yang ramai dengan orang-orang. tentunya akan membuat anda harus ekstra  waspada dengan barang bawaan, khususnya barang-barang berharga seperti dompet dan handphone. Karena itu sebaiknya simpan barang-barang tersebut di tempat yang aman.

Anda dapat menyimpan barang tersebut di kantong celana ataupun di dalam tas anda. Namun gunakanlah kantong celana yang agak dalam dan memiliki resleting, sehingga tidka mudah dicuri orang. Anda juga dapat menyimpan dompet anda di dalam tas dan menggunakan gembok kecil untuk menguncinya.

Bila anda menggunakan tips ini, maka anda bisa mengeluarkan uang cash yang secukupnya di kantong baju anda agar mudah digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan dompet terus-menerus.

Perhatikan terus anak-anak anda

perhatikan anak

Tentunya mudik dan liburan akan lebih asik lagi bila bersama dengan keluarga. Maka itu ada baiknya bila anda bepergian bersama keluarga, maka perhatikan terus anggota keluarga anda, khususnya anak kecil. Anda harus siap untuk terus memperhatikan keberadaan anak-anak anda yang masih kecil. Pastinya anda tidak ingin anak anda tersesat karena tertinggal dari rombongan anda.

Libur lebaran ini pastinya akan membuat lalu lintas orang menjadi ramai, hal inilah yang membuat anda juga perlu ekstra fokus dengan keberadaan anak anda. Anak-anak biasanya mudah terpengaruh fokusnya dengan hal-hal di sekitarnya, contohnya dengan penjual-penjual mainan ataupun makanan. Ketika anak anda tanpa sadar sedang melihat-lihat, maka disitulah kemungkinan anak anda tertinggal sangatlah besar. Apalagi ketika anda sedang tidak fokus dengan anak anda

Karena itu ada baiknya untuk terus memperhatikan keberadaan anak anda, bila perlu pegang tangannya sehingga tidak tertinggal walaupun anak anda melihat-lihat sekitar.

Itulah beberapa tips untuk anda menjaga keamanan dan keselamatan selama libur lebaran nanti. Semoga libur lebaran anda tahun ini berjalan lancar!