Fungsi satpam yang aslinya adalah untuk menjaga kemanan wilayah dalam dan luar area kerja,sebagai perpanjangan tangan POLRI. Saati ini satpam di perusahaan perannya telah berkembang menjadi frontliner yang membantu pelayanan perusahaan. Satpam tidak hanya diperlukan untulk melaksanakan pengamanan yang sifatnya fisik, tetapi juga telah berkembang perannya untuk melengkapi pelayanan perusahaan dengan konsep 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun).

 

Untuk menjadi satpam yang profesional, seorang satpam harus meningkatkan pengetahuan, kompetensi, kemampuan dan keterampilan guna menunjang tugas pelaksanaan di lapangan, seiring perkembangan ilmu dan pengetahuan serta teknologi saat ini. Penampilan yang bersih dan rapih, serta berseragam lengkap adalah salah satu contoh awal seorang satpam yang professional.

 

Membiasakan diri untuk mengikuti aturan perusahaan dengan baik dan benar, berkomunikasi serta menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja yang ada di area kerja akan sangat membantu mewujudkan fungsi satpam yang profesional.

 

Memiliki bahasa tubuh yang positif, dengan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan aturan perusahaan. Secara otomatis lingkungan juga akan menjadi positif dan berpengaruh kepada jalannya perusahaan.

 

Memberikan kesan yang membantu kenyamanan dan keamanan. Jika ada konsumen atau karyawan perusahaan yang membutuhkan bantuan, satpam dengan senang hati melayani tanpa kehilangan identitas sebagai penjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

 

Satpam yang mendapatkan pembinaan dibidang pendidikan dan pelatihan, akan memiliki ilmu kemampuan dasar sebagai satuan pengamanan. Pengalaman dan tugas yang cukup, dapat menjadikan satpam yang profesional.

 

Memiliki kemampuan atau keterampilan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.

 

Mampu bekerja dalam tim, selalu berkoordinasi dengan baik. Karena satpam tidak bisa bekerja sendirian, dan untuk menjadi satpam profesional harus bekerjasama dengan rekan kerja lainnya. Agar proses pengamanan berjalan sesuai dengan fungsinya.

 

Cepat tanggap terhadap setiap kejadian juga permasalahan yang timbul dilingkungan kerja. Seorang satpam profesional akan cekatan dan sigap jika terjadi suatu konflik permasalahan di area kerjanya, membaca situasi yang sedang terjadi serta hal apa yang harus dilakukan untuk menyikapi permasalahan tersebut.