Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan puasa lagi. Bagaimana puasanya? Semoga ibadah puasanya tetap terjaga hingga lebaran nanti ya..

Setelah puasa tentunya banyak diantara kalian yang sudah tidak sabar untuk libur lebaran nanti. Selain digunakan untuk ajang bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara di kampung, lebaran suka sering dijadikan ajang untuk liburan bersama keluarga.

Bahkan tidak jarang dari mereka yang bepergian ke luar kota hingga ke luar negeri sampai berhari-hari. Karena itu, biasanya rumah mereka kosong dan minim penjagaan.

Melihat hal itu, Indra Garda Agung akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian gunakan agar rumah kalian tetap aman ketika libur lebaran nanti.

1. Siapkan Gembok yang Berfungsi dengan Baik

Sebelum anda bepergian ke luar rumah, maka pastikan anda menyiapkan gembok yang masih berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan gembok lama anda yang masih kuat atau anda dapat membeli gembok baru di toko.

Kenapa hal ini perlu? Pastinya anda tidak ingin rumah anda dengan mudah dimasuki oleh maling. Karena itu anda perlu menyiapkan gembok yang masih kuat dan berfungsi, agar gembok anda tidak mudah dirusak atau dibobol oleh maling tersebut.

tips-dan-cara-menjaga-keamanan mengunci rumah

2. Pastikan Mengunci Setiap Pintu Rumah Anda

Sebelum anda benar-benar meninggalkan rumah anda untuk bepergian, maka pastikanlah setiap pintu masuk rumah anda. Maling atau pencuri bisa saja mencari celah dari pintu masuk lain ke rumah anda. Karena itu anda perlu menjaga setiap keamanan pintu dengan menguncinya menggunakan gembok.

Selain pintu masuk ke rumah, anda juga dapat mengunci pintu kamar dan ruangan lain di rumah anda. Hal ini bertujuan agar maling tidak leluasa masuk ke kamar anda walaupun maling tersebut telah berhasil masuk ke rumah anda.

3. Jangan meninggalkan barang berharga

Jangan meninggalkan barang berharga semisal perhiasan dan uang. Apabila anda menyimpan uang atau perhiasan dalam jumlah besar di rumah, maka disarankan untuk menyimpannya di tempat penyimpanan yang aman seperti bank. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian karena perampokan dan pencurian.

4. Nyalakan lampu depan rumah anda

Apabila anda bepergian ke luar rumah hingga beberapa hari, tentunya anda tidak dapat menyalakan lampu rumah ketika malam dari tempat liburan anda. Karena itu sebaiknya nyalakanlah lampu depan rumah anda agar memudahkan pihak satpam atau security setempat ketika melakukan pengawasan di malam hari.

Anda juga dapat menggunakan lampu yang otomatis padam dengan sendirinya pada siang hari.

5. Pastikan Melepaskan Selang Tabung Gas Elpiji

Selain ancaman dari pencuri atau maling, ada juga ancaman lain yang perlu anda waspadai yaitu kebakaran. Tidak jarang terjadi peristiwa kebakaran ketika sang tuan rumah sedang bepergian ke luar. Salah satu penyebabnya adalah ledakan dari tabung elpiji atau kebocoran selang gas.

Maka itu sebaiknya anda melepaskan selang gas dari tabungnya. Sehingga kejadian-kejadian seperti ini dapat dicegah dan anda dapat liburan dengan tenang.

6. Cabut Semua Barang Elektronik dari Stop Kontak

tips-dan-cara-menjaga-keamanan-rumah cabut alat elektronik

Selain selang tabung gas, anda juga perlu mencabut atau melepaskan semua barang-barang elektronik yang ada di rumah. Contohnya televisisi, pendingin ruangan (AC), dan kulkas. Cabut semua kabel peralatan elektronik tersebut dari stop kontak. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko terjadinya kebakaran atau korsleting listrik.

7. Memberitahu atau Melapor kepada ketua RT atau Tetangga

Beritahukan kepada pihak RT setempat atau tetangga terdekat yang bisa dipercaya bahwa anda akan bepergian selama beberapa hari. Tinggalkan nomor telepon anda, sehingga  apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu, anda akan dikabari oleh RT atau tetangga. Contohnya ada tamu yang hendak ke rumah anda, supaya anda dengan mudah untuk dihubungi oleh mereka.

8. Gunakan Jasa Satpam atau Security Untuk Keamanan Lebih

Cara yang satu bisa anda gunakan untuk menambah pengamanan ekstra di rumah anda. Beberapa perusahaan penyedia jasa keamanan satpam atau security pastinya punya unitnya tersendiri agar dapat membantu anda menjaga keamanan rumah.

Banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah memakai cara ini untuk menjaga keamanan rumah miliknya. Mereka menggunakan unit satpam khusus untuk menjaga rumah miliknya. Sehingga pengamanan rumah anda tentunya dapat diperketat.

Apabila anda tidak ingin menggunakan jasa perusahaan keamanan tersebut, anda juga dapat menggunakan jasa satpam komplek anda, meminta bantuannya untuk mengawasi keadaan rumah anda. Memang pastinya tidak akan seketat pengamanan unit satpam khusus tersebut. Namun paling tidak bisa meningkatkan keamanan rumah anda selama anda berliburan.

tips-dan-cara-menjaga-keamanan-rumah alat pengamanan tambahan

9. Gunakan CCTV atau Kamera Pengaman

Untuk anda yang mempunyai budget atau uang lebih, maka anda dapat membeli peralatan CCTV atau kamera pengaman yang akan dipasang di sekitar rumah anda. Dengan adanya CCTV tentunya dapat membantu anda dalam mengawasi keadaan rumah dari jarak jauh. Perkembangan teknologi membuat anda dengan mudah mengawasi rumah anda dari jarak jauh dengan integrasi antara CCTV dan smartphone milik anda.

10. Buat Kesan Bahwa Rumah Anda Tidak Kosong

Tips ini dapat membantu mengurangi resiko rumah anda kemalingan atau paling tidak menjadi incaran pencuri atau maling. Apabila anda membuat rumah anda seolah-olah tidak kosong, maka orang yang melihat rumah anda tentunya akan menganggap bahwa rumah anda sedang ditinggali oleh orang. Karenanya akan membuat orang tersebut tidak punya keinginan untuk mencuri di rumah anda.

Beberapa cara yang bisa anda gunakan adalah menyalakan lampu depan, ruang tamu atau bahkan kamar anda. Selain itu cara lainnya dengan meletakkan sandal di teras rumah anda, sehingga seolah-olah ada orang di dalam.

 

Itulah beberapa tips atau cara untuk menjaga keamanan rumah anda ketika sedang berlibur lebaran nanti. Semoga liburan anda tetap menyenangkan dan rumah anda tetap terjaga keamanannya dari bahaya.