PENTINGNYA PERAN SATPAM BAGI PERUSAHAAN

Banyak orang-orang yang menilai kerja satpam atau security hanyalah kerja yang sepele. Padahal kerja seorang satpam adalah pekerjaan yang paling besar tanggung jawabnya. Datang paling awal, pulang paling akhir. Tugas satpam adalah menjadi garda terdepan dalam upaya mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Satpam juga yang paling depan memastikan keamanan suatu tempat. Peran dan fungsi satpam sebagai pembantu kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban telah berkontribusi besar terhadap terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat. Tapi, apakah penting adanya satpam bagi perusahaan? Peran satpam bagi sebuah perusahaan sangat penting dalam memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan tersebut. Masih ada lagi beberapa peran satpam bagi perusahaan. Beberapa diantaranya,

MENJAGA KEAMANAN 

Sudah dipastikan tugas yang satu ini adalah tugas inti dari seorang satpam atau security, yaitu menjaga keamanan kantor atau perusahaan dan sekitarnya. Satpam adalah ujung tombak perusahaan dalam bidang keamanan, seperti menciptakan keamanan, melakukan patrol atau pengecekan di luar maupun di dalam perusahaan untuk memastikan bahwa aman dari gangguan dan kemungkinan hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, satpam harus mampu menjaga keamanan di lingkungan perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan pasti mempunyai sekian banyak aset di lingkungan perusahaan yang harus diamankan atau dijaga keamanannya dari hal-hal yang merugikan perusahaan.

SEBAGAI CHECKER BARANG YANG MASUK KE PERUSAHAAN

Setiap ada barang yang datang ke perusahaan, orang pertama yang menerimanya pasti adalah satpam. Hal ini dikarenakan dia ditempatkan di depan kantor perusahaan. Di sini, seorang satpam bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap identitas pengirim, barang yang masuk, apakah barang ini benar atau tidak, aman atau tidak, dsb.

PENGAWALAN 

Satpam juga bertanggung jawab untuk bertugas melakukan pengawalan, seperti penerimaan barang atau uang yang dikirim oleh perusahaan lain. Pengawalan adalah suatu kegiatan pencegahan/mengantisipasi yang di lakukan oleh anggota satpam untuk mengamankan atau melindungi orang dari satu tempat ke tempat lain agar tidak terancam dari gangguan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

MELAKUKAN PENGATURAN 

Pengaturan yang dimaksud di sini adalah tata tertib. Satpam bertugas melakukan pengaturan tata tertib perusahaan meliputi pengaturan lalu lintas, pengaturan parkir, pengaturan keluar masuk barang, dan semua yang berhubungan dengan peraturan dan ketertiban perusahaan.
Itulah beberapa peran penting satpam atau security bagi sebuah perusahaan. Bagi Anda yang sedang mencari jasa keamanan satpam, Anda bisa mengandalkan PT. Indra Garda Agung. PT. Indra Garda Agung adalah perusahaan jasa security yang telah berdiri sejak 2014 dan didirikan oleh tim profesional dari beragam latar belakang, termasuk TNI, Polri, dan manajemen bisnis. Sebagai perusahaan outsourcing, kami menghadirkan jasa pada layanan penjaga keamanan, layanan kebersihan, dan unit pendukung lainnya. Kami telah berpengalaman mengelola layanan penjaga keamanan di berbagai area kantor, pabrik, gudang, pertambangan, perumahan eksekutif, dan fasilitas pendidikan. Untuk info lebih lengkapnya, bisa kunjungi laman resmi kami di https://indraga.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *